Minggu, 21 September 2014

Loksado: Not even Venice could seize my heart from this :p

Well this might sounds LEBAY, but yeeeessss not even Venice could seize my heart from this hehe :p I don't know, looking at this picture makes me having random thought of boating the canal of Venice. These two memang dua hal yg berbeda sih. Kalau di Venice, pemandangannya rumah2 ala Europe gitu, which is soo modern and maybe romantical ya. Kalau disini; Loksado...kalian akan menyusuri Sungai Amendit yg dihiasi bebatuan, airnya jernih dan sembriwiiing hehe dinginnya wuenaakk, sambil menikmati pemandangan spektakuler hutan Pegunungan Meratus. Di pinggir sungai juga terdapat beberapa rumah penduduk yang sangat sederhana (hanya beberapa dan bisa dihitung kog, jangan ngebayangin rumah2 ala pinggir sungai di Jakarta. Totally different!) Aktifitas penduduk seperti mencuci dan mandi juga jadi pemandangan seru kog hahahaha Yang membuat perjalanan menyusuri sungai ini sangat berbeda dan sensasinya luar biasa emejing adalah.... kita gak duduk di atas perahu kayu atau perahu karet tapi di atas rakitan bambu. Cool huh!

Let's get wet :D

-19 September 2014-
GA 536 membawa saya ke Banjarmasin, tiba Pkl 21.25. Surprisingly, two of my -bolang- friends were my passengers that night. Aahhh it feels great when you have friends to travel with. So I took them with me :D

-20 September 2014-
We did have lots of chit-chat that night sambil menunggu mobil sewaan kami datang jam 3 dini hari. Jadilah kami gak tidur sama sekali hehehe..

Banyak di antara kalian pasti gak tau Loksado itu apa dan dimana. Saya sendiri mendapat inspirasi dari instagram idola basket jaman dahulu kala saya Denny Sumargo hehe v
Loksado adalah sebuah desa di Kab. Hulu Sungai Selatan yang beribukotakan Kandangan. Perjalanan dari Banjarmasin ke Kandangan sekitar 133KM dan dari Kandangan ke Loksado masih sekitar 38KM. Kira2 3 sampai 4 jam perjalanan akan kalian tempuh untuk bisa sampai disini.
Saya terbangun saat dunia disekitar saya mulai sedikit terang dan terkejut dengan megahnya pegunungan di samping kiri kanan saya. Waw! Pegunungan Meratus dan hutan tropis ala Kalimantan menjadi sebuah panorama yang membuat saya merinding.
Dan salut yaaak sama mereka -Suku Dayak Meratus- yang tinggal di daerah terpencil ini
 *prokprokprok*

Kira2 Pkl 06.15 kami tiba di Loksado. What an early, quite and super cold morning! ^^ Kami berhenti di dermaga dan memutuskan untuk memberi makan naga di perut kami dulu hahaha Kami langsung disambut sama Pak RT yg punya warung sekaligus yg menjadi tempat kami sewa bamboo rafting.

Pkl 07.00 kami memulai Bamboo Rafting atau dalam bahasa lokal disebut Balanting Paring (rakit bambu) Kata Pak RT, perjalanan yg biasanya 2 jam kali ini bakal jadi 3 jam (dan kenyataannya menjadi 3 stgh jam) dikarenakan pagi hari arus sungai gak begitu kencang dan volume air dangkal. Dan karna itu juga, kami harus menyewa 2 rakit bambu.
1 rakitan bambu terdiri dari kira2 16 batang bambu yang diikat menjadi satu kesatuan memakai kulit bambu muda *saya jadi inget Man Woman Wild di Discovery Channel pas mereka buat rakitan kayu untuk menyusuri Sungai Amazon hehehe*

Awal mula rakit bambu ini sebenarnya dari petani jaman dulu yg menyusuri sungai selama 2 hari menuju Kandangan untuk menjual bambu dan hasil pertanian lainnya.
Bamboo rafting di nahkodahi oleh seorang joki -superman-. Kenapa superman? Coba bayangkan aja selama 3 jam lebih berdiri menjaga keseimbangan dan mengarahkan rakit bambu dengan sebuah galah - angkat galah, tancapkan ke dasar sungai,dorong ke belakang pake otot, kadang di dorongnya pake acara lari kecil - Kiri kanan kiri kiri kanan lagi yak yak lurus aja *tukang parkir keleeuss hehehe* Kalau ketemu arus yg kecil, kadang rakit bambu berbenturan dengan batu dan membuat rakit stucked, nah Mr.Superman harus menarik dan mengangkat rakit pake otot lagi hahaha. Kalo ketemu arus yg kenceng, ini bagian seru buat saya hehe.. karna rakit akan melaju kencang, kita bakal basah2an deh, dan kita harus pegangan kalo gak mau masuk ke air dengan cara yg tidak terhormat hahaha
Selain karna menggunakan bambu, what makes this rafting soo stunning, adalah pemandangan yg sudah saya bilang tadi. Lanskap alam yg megah dan asri, sooo green ^^

Ketika rakit bambu berada di kedalaman air yg dalam dan arusnya tenang, nah baru kalian boleh lah masuk ke air dgn cara yg terhormat hehehe berhubung saya gak bisa berenang kalo gak nyentuh dasar, maka saya gak mengambil kesempatan itu v
Yg saya lakukan ketika menjumpai arus yg tenang adalah menggantikan Mr.Superman mengarahkan rakit bambu. Hail yeaaahh! Saya sebenarnya gak yakin saya punya otot buat ini hahaa but taking that first in a life time experience, why not?! Alhasil hanya sekitar 5 menit saya mampu bertahan, beraaaat meeen! *mending suruh saya masukin 1000 main dish dalam trolley makanan aja hehehe :p*

Kami berhasil sampai di hilir Pkl 10.30 dan sudah ditunggu kendaraan sewaan kami. Jarak dari dermaga ke titik finish sekitar 12KM (setengah jam perjalanan menggunakan mobil/motor) kalo gak salah namanya Desa Tanuhi. Nah kalo gak punya kendaraan pribadi buat jemput di hilir, sini ada tukang ojek yg siap mengantar balik ke dermaga.
Karna keterbatasan waktu dari masing2 kami, maka kami gak sempat berkunjung ke beberapa objek wisata lainnya, seperti Air Terjun Haratai yg bisa ditempuh dengan trekking 2 jam (atau naik ojek), beberapa Air Terjun lainnya, ke Balai Suku Dayak di Desa Haratai dan Desa Malaris, Permandian Air Panas Tanuhi dan lainnya.
Saatnya kami pulang ke Banjarmasin, tapi sebelum itu, kami mencari makan siang karna naga yang tadi..sudah kelaparan lagi hahaha.. Kami tiba di BDJ sekitar Pkl 15.30 ^^ Puji Tuhan untuk penyertaanNya buat kami :)

So, between Venice *lhooo Venice lagi hahah* and Loksado, surely my heart would go for Loksado :p Karena buat saya, anything about pedalaman Indonesia is adorable :) Berada di sekitar jantung Pegunungan Meratus, merasakan sensasi the famous -one and only- Indonesia's bamboo rafting di Sungai Amendit yang membelah lebatnya hutan... telah menghanyutkan hati saya *eaaaakk*

Terimakasih Tuhan, beautiful is what You create! :D
Terimakasih Indonesia..never ceased to amaze me :')
Terimakasih Icang dan Oxky; kedua partner bolang yg sering nemenin jalan2 di luar negeri, sekarang nemenin saya meraih mimpi di pedalaman Kalimantan Selatan :)
And thank you kak Denny Sumargo for your pictures of Loksado in instagram have encouraged me and brought me to the stunning Loksado ^^

SAYA CINTA INDONESIA, KAMU?
  •  Kami memakai jasa Permata Taxi dengan tarif sewa mobil + driver Rp 550.000/12 jam , lebih dari 12 jam biaya tambahan Rp 50.000/jam. (Mobil Xenia) Silakan hubungi Pak Mamun 081251178292 atau Pak Mardha (driver kami) 085246681090
  • Bensin Rp 200.000
  • Sewa bamboo rafting Rp.250.000/rakit. Kami sewa 2 jadi Rp.500.000. Silakan hubungi Pak Amli 085245595625 untuk ketersediaan rakit dan untuk home stay kalau kalian mau menginap disana.