Rabu, 17 September 2014

Labuan Bajo: everything happens for a good reason - A beautiful slapped to my face!

Semua berawal dari rasa kagum mendalam yang dalam waktu singkat berubah menjadi rasa ingin memiliki yang tidak masuk diakal. Sesuatu yang menciptakan kenangan manis namun berujung pada kehancuran yang lebih dalam daripada rasa kagum yang pernah ada. 
*tssssaaah bahasanya mak*
Maaf saya mungkin gak bakat dengan ini ^^v

Rasa patah hati supeeeeer inilah yg membuat saya mengambil langkah hebat dan gila (menurut saya) menuju sebuah eksplorasi seorang diri ke tanah Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Labuan Bajo dan Ende. Dan ini adalah pengalaman jalan2 pertama saya seorang diri hehehe. Trip saya kali ini adalah 3 days 2 night dibagi menjadi 1 stgh hari di LBJ dan 1 stgh hari di ENE. Dan karna saya orangnya suka well planned dan well prepared, maka beberapa hari sblmnya saya telah melakukan reservasi agen perjalanan Putri Komodo tours biar guaaaampang dan gak bingung2 disananya hehhe..

Here we go!

-2 Juni 2014-
Saya naik pesawat dari Jkt GA 652 dengan ETD (estimated time departure) Pkl.22.00 dan tiba di DPS dengan ETA (estimated time arrival) Pkl. 01.00 di tgl 3 Juni.

 -3 Juni 2014-
Sampai dibandara Ngurah Rai saya rencananya tidur di ruang tunggu sampai pagi but then I realize itu bangku2 keras semua hahaha dan ACnya lumayan kayak di freezer kalo jam2 segitu. Lalu jengjeeeng datanglah Ksatria bernampan cokelat ho-ho-ho, seorang waiter baik hati dan tidak sombong menawarkan saya lounge untuk beristirahat sejenak menunggu flight jam 7 pagi nanti. Gak cuma sofa buat tidur tapi juga sarapan pagi hehehe..ALL FREE, baik ya?

 Pkl.07.05 saya berangkat dari DPS ke LBJ dengan menggunakan pesawat baling-baling bambuuu *ala doraemon* EXPLORE!
Garuda ATR 72-600

Pkl.08.40 saya tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo.. Wooohoooooo!!! Setibanya saya sudah ditunggu sama Mas Jefri pemilik Putri Komodo Tour. Saya agak kaget sih dijemputnya pake motor ninja hehe tapi kayaknya motornya paling keren disini ^^v 


menuju pelabuhan kira2 perjalanan 10 menit



Sesampainya di pelabuhan, kapal LOB (Live Onboard) saya sudah siap bersama 3 awak kapalnya. Saya disambut dengan teriakan salah satu awak kapal "Good morning, miss!" hehehe saya menjawab dan berkenalan pakai bahasa Inggris biar makin salah paham hahaha Emang muka foreigner banget ya?! Waktu di pesawat, sebagian besar penumpang memang bule2, dan saya pun disambut pramugari pake bahasa inggris. By the way, akhirnya saya bilang kog saya orang Indonesia :D

Extraordinary lunch! This stuff to me was like a luxury dining :D



Dan setelah makan, selfie2an is mandatory hehehe.. Di sepanjang perjalanan, serangkaian pulau bertebaran menghiasi laut. Kiri kanan pulau, ada yang berpenghuni dan ada yang enggak. Gak cuma pulau tapi juga gugusan karang. Gak cuma itu, saya juga melihat sekawanan lumba-lumba dan kura-kura numpang lewat dari kejauhan hehehe. Awesome! Perjalanan 4 jam sungguh gak membosankan kalo kayak gini. Disini saya mulai melted inside dan mata saya kriyep2 bukan karena ngantuk tapi karna WOW..takjub dengan apa yang saya lihat selama perjalanan di tengah laut.


Tujuan pertama saya adalah Pantai Merah / Pink Beach yang cuma ada 2 di Indonesia (1 lagi ada di Lombok) dan cuma ada 6 atau 7 di dunia. Bangga? For sure! Pantai ini pasirnya berwarna merah muda lhooo...hehehe kog bisa? Beberapa berpendapat bahwa warna pink ini berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati. Pendapat lain menyebutkan bahwa adanya hewan mikroskopik foraminifera yang memproduksi warna merah pada terumbu karang. Whatever! Gara2 pantai ini, saya gak habis2nya bilang "WOW, KEREEEEEEN" Disini, saya mendapati 3 bule yang lagi asik snorkeling. 3 doang lhooo, gimana gak berasa ini pantai milik sendiri:')




And then untuk pertama kalinya juga saya snorkeling hahaha bener2 anak mama kaaaan! Terimakasih Mas Jefry untuk quick guidance nya hehehe.. Gak jauh, kira2 1 meter dari pantai, kita sudah bisa melihat terumbu karang dan ikan2. Lagi2, WOW KEREEEEN :D

1 fakta yg baru saja saya tahu, snorkeling bener2 buat orang lupa daratan dan lupa waktu ya hahaha
  
Setelah dibuat terkagum2 sama keindahan pantai ini, saya langsung melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Pulau Komodo. Sebenarnya Pink Beach ini termasuk Pulau Komodo jadi harus hati2 kalo lagi di pantai, takutnya ada komodo iseng2 pengen main juga disana hehehe.. Jarak dari pantai ke pintu masuk Taman Nasional Pulau Komodo masih 30 menit lagi.
(Kalau waktu kalian banyak dan dimulai dari pagi, kalian bisa mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo dulu, trekking mencari komodo sekalian menuju Pink Beach jalan kaki mendaki bukit lewati lembah *ala ninja hatori hehehe* kira2 3 sampai 4 jam lamanya. Lumayan sih, tapi semua usaha kalian terbayar nanti pas lihat indahnya Pantai Merah :') )

 Taman Nasional Pulau Komodo diresmikan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO pada tahun 1986. Terdapat kira2 2500 ekor komodo di Pulau Komodo, Rinca dan Padar.

Saat saya sampai di Taman Nasional sore itu, semua sudah sepi, pun yang jualan udah gak ada hehe. Gak apa-apa, justru saya senang yg sepi2^^v Saya disambut langsung sama mas ranger, gak ngerti katanya gak perlu administrasi atau tulis ini itu. Well, kemonlaah!
Saya melakukan short-medium trekking 1 setengah jam bersama Mas Jefri dan mas ranger yang membawa tongkat bercabang 2, katanya sih komodo takut digertak sama tongkat ini. Pastikan waktu trek pake sepatu yang bener ya, medannya pasir batu2 gitu, berbukit, dan atmospherenya bener2 dry. Pohon2nya aja kering gitu hehe tapi pemandangannya tetep emejiiing dong! Kalau buat wanita yg lagi haid harus hati2 karna komodo bisa mencium bau darah dari jarak 5km.
By the way, dalam perjalanan saya, saya gak berhasil menemukan komodo T^T Kata mas ranger, bulan ini lagi musim kawinan jadi komodo biasanya mencari tempat yang jauh dari keramaian dan menghindari jalur trekking (hmm komodo pinter dan romantis ya hahaha) Anyway, saya sudah putus asa, jauh2 datang dan gak ketemu komodo?? Saya bisa makin patah hati hahahaha

Biarkan adek membuang cinta abang disini *haiisssh* tapi abang gak cinta! :/
What a surprise! Ternyata di dekat dapur rumah warga, ada 1 komodo ceritanya baru abis dikasih makan sama warga setempat (ooh bisa gitu ya hahaha kata mas ranger alternatif bagi wisatawan yang gak ketemu komodo pas trekking, biasanya ketemu di deket dapur..oooalaaah) Ada 1 alternatif lain lagi bagi kalian yang ingin melihat komodo yang banyak itu di Pulau Rinca. Jaraknya lebih dekat dari pelabuhan Labuan Bajo kira2 2 jam.

Air liur komodo itu mematikan, seperti pesona abang *eaaakk
Kira2 Pkl. 17.30 saya bertolak dari Pulau Komodo ke Pelabuhan Labuan Bajo lagi.. Aaah one day trip memang terkadang menyebalkan ya.. Di perjalanan pulang, kiri kanan depan belakang gelap semua. Tapi coba lihat keatas, I swear I wanted to cry because of that. A SKY FULL OF STARS kalo kata Coldplay hehehe di Jakarta mana pernah lihat yang beginian. Indah banget :') Saya jadi galau waktu itu, duduk di deck kapal paling atas dan merenungkan rasa sakit di hati saya. Tapi kemudian bersyukur atas perjumpaan saya dengan orang itu *halaaaahh*

"If I never met you, I probably would not throw myself crazily into a solo exploration over LBJ and ENE. And I probably would not realize the richness of our home land. Seeing all those beauties was like a beautiful slapped to my face that put me in a continous awe to Indonesia. Well everything happens for a good reason right? And every person that came to your life has their portion to teach you something!"


Dan saya menghabiskan sisa malam itu di private room kapal live onboard saya hehe what a luxury trip! Saya tiba di pelabuhan kira2 jam 12 malam, saya dijaga sama bapak2 awak kapal yang baik hati, mereka tidur di deck dan saya sendiri disini :') Tidur nyenyak, aseeeliiii!! 
(Kalau kalian gak suka tidur di kapal, di sekitar pelabuhan banyak pilihan hotel dan homestay. Tapi buat saya tidur di kapal itu pengalaman baru dan keren hehee so why not?!)

Akhirnya, saya gak penasaran lagi sama keindahan Labuan Bajo. Saya berhasil bertemu The Legendary Komodo, mengagumi Pink Beach dan masih heran sama warna pasirnya dan juga snorkeling for the first time in forever^^ Masih banyak lagi tempat2 indah yg wajib dikunjungi di Labuan Bajo, hanya saja karena keterbatasan waktu, saya gak bisa nyambangin satu2.
Terimakasih Labuan Bajo untuk private tour saya, private beach, private boat, private room, private dining, private service sama pemilik Putri Komodo tour (mas Jefry) hehee, private tour di Taman Nasional Komodo karena saya pengunjung satu2nya sore itu. Love it ^^

Trip to Ende, to be continued ya ^^ Like said, menulis di blog really not my thing. Saya menghabiskan waktu hampir seharian menulis ini hehehe :D Di Ende, saya berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno, ke Bluestone beach, ke Desa Adat Saga dan Gunung Kelimutu yang punya danau 3 warna. Tunggu yaaa ^^

SAYA CINTA INDONESIA, KAMU?

eflavelait!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar